Bahaya Terapi Spa Ikan Pemakan Sel Kulit Mati

0

PEKANBARU,BULETINAKTUAL.COM – Terapi spa ikan pemakan sel kulit mati kerap dijumpai di pusat perbelanjaan dan populer beberapa waktu lalu. Ikan kecil yang digunakan adalah jenis ikan impor yang diletakkan dalam sebuah kolam, lalu ia akan menggigiti kulit kaki jika kita memasukkan kaki ke dalam kolam tersebut.

Walau disebut bermanfaat bagi kesehatan karena sel kulit yang sudah mati akan hilang dimakan ikan, namun terapi spa ikan dalam tinjauan medis tidak dianjurkan, terutama oleh dokter kulit.

Alasannya, spa ikan dapat menimbulkan beberapa komplikasi terutama pada bagian kuku. Kasus yang terjadi baru-baru ini dijadikan contoh oleh pihak medis, yakni perihal seorang wanita yang kuku kakinya tumbuh terbelah.

Hal ini dikenal dalam istilah medis sebagai onikomadesis. Dokter menduga bahwa kondisi tersebut terjadi karena kebiasaan si pasien melakukan fish spa.

“Kami tidak terlalu yakin dengan penyebab kondisi tersebut. Tetapi kemungkinan besar berasal dari trauma ikan pada matriks kuku, yang merupakan pusat pertumbuhan kuku,” jelas Dr. Shari Lipner dari Weill Cornell Medicine, dilansir Today, Jumat (10/8/2018).

Jika matriks kuku rusak, maka kondisi onikomadesis bisa terjadi. Matriks kuku adalah bagian sisi kulit yang lebih tebal, di pinggir kuku. Saat ikan menggigit bagian tersebut, ada kemungkinan terjadi luka atau kerusakan.

Menurut Dr Shari, dirinya pribadi menilai spa ikan lebih banyak kerugiannya dibanding manfaat. Jika terlanjur terjadi onikomadesis maka penyembuhan akan berlangsung lama.

“Onikomadesis membuat produksi lempeng kuku berhenti dan tidak utuh,” jelas Dr Shari.

Walau kasus onikomadesis akibat spa ikan baru pertama ini terjadi, namun di beberapa negara lain terapi tersebut telah dilarang dengan alasan kesehatan.

Alasannya adalah sulit untuk membersihkan ikan dari sel kulit mati yang mengandung penyakit. Anda tentu tak tahu jika orang lain memiliki penyakit menular berbahaya dan ikut pula dalam terapi ikan tersebut.

Selain itu, air dalam kolam tidak dibersihkan setiap kali ada orang baru yang ikut dalam fish spa tersebut.

Terapi ikan kemungkinan dapat menyebabkan infeksi yang buruk jika ada penyebaran kuman Streptokokus Grup B dan Vibrio vulnificus.

(Sdc /Evi)

 

 

Share.

About Author

Leave A Reply