7 Band Inggris yang Gagal Menembus Pasar Amerika Serikat

0

PEKANBARU,BULETINAKTUAL.COM – Inggris adalah gudangnya band-band keren yang sukses di seluruh dunia. Tapi, Amerika Serikat (AS) adalah gudangnya pop culture dan pasar musik yang digandrungi di seluruh dunia.

Bagi banyak musisi, tak lengkap rasanya jika mereka tidak bisa sukses di pasar musik AS. Dan, banyak musisi dari Inggris yang mereguk sukses di Negeri Paman Sam ini.

Sayang, meski lumayan sukses di negara sendiri dan belahan lain dunia, ada pula band asal Inggris yang tidak mampu menembus pasar Amerika. Menurut Contactmusic, setidaknya ada 7 band yang gagal menembus pasar Amerika meski sudah mengantung nama besar.

1. Oasis
Oasis bukannya tidak sukses atau terkenal di AS. Band pimpinan duo Gallagher bersaudara ini sebenarnya cukup terkenal di Negeri Paman Sam di masa kejayaan mereka pada era 90an. Hanya, mereka tidak mendapat ekspos radio yang lumayan banyak di sana. Selain itu, beberapa album awal mereka juga tidak mampu bertarung di chart Billboard.

2.Stereophonics

Band ini cukup terkenal di Inggris dan belahan lain di dunia ini. Dari 10 album, 7 di antaranya memuncaki chart di Inggris dan semuanya mendapatkan sertifikasi emas dalam penjualan selama lebih dari 20 tahun. Sayang, trio asal Wales ini gagal menembus pasar Amerika. Posisi tertinggi mereka di chart di Negeri Paman Sam itu adalah 127.

3. Girls Aloud
Dibentuk dari ajang pencarian bakat Popstars: The Rivals pada 2002, Girls Aloud menjadi salah satu grup vokal wanita terbesar di Inggris dan sering dibandingkan dengan Spice Girls dalam dominasi mereka di chart selama 5 tahun. Tapi, tak seperti Spice Girls, mereka tidak pernah mampu memberi dampak di Amerika. Banyak yang menduga itu karena Cheryl dipecat dari The X Factor USA ketika dia berusaha melakukan perubahan dengan karier solonya.

4. THE JAM
Band Inggris dengan energi The Who dan melody Paul McCartney dan John Lennon ini mereguk kesuksesan hingga mereka bubar pada 1982. Selama karier mereka, band ini sudah memuncaki 4 chart. Tiap single yang mereka keluarkan selalu masuk Top 75 Inggris. Tapi, di Amerika, band ini sama sekali tidak dikenal.

5.Sugababes

Sugababes adalah grup vokal wanita asal Inggris yang juga gagal mereguk sukses di Amerika. Momentum mereka terganggu akibat seringnya mengubah lineup. Tapi album greatest hits mereka malah meraih sukses hingga Jay-Z sempat mengontrak mereka untuk tiga album pada 2009. Sayang kontrak itu batal setelah ada perselisihan pribadi di antara para personelnya.

6. Manic Street Preachers
Kegagalan Manic Street Preachers untuk menembus pasar mainstream Amerika sebenarnya terjadi akibat kesialan. Di malam menjelang tur pertama mereka ke Amerika pada Februari 1995, gitaris dan penulis lagu kunci mereka, Richard Edwards menghilang. Ini adalah misteri yang tidak pernah terungkap. Manic yang kini menjadi trio meraih kejayaan di tangga lagu selama masa Britpop dengan lagu seperti A Design for Life, tapi di Amerika, lagu mereka tidak masuk chart.

7.Take That

Boy band ini sebenarnya cukup dikenal di seluruh dunia. Sayang, Take That tidak pernah sukses menembus pasar Amerika. Bahkan, meski mereka gonta ganti personel pun, mereka gagal menembus pasar itu.

(Snc/Gega)

Share.

About Author

Leave A Reply