Hindari Minum Es Teh Manis Usai Makan, Ini Alasannya

0

PEKANBARU,BULETINAKTUAL.COM – Minum es teh manis memang segar, namun tahukah Anda bahwa sebaiknya hindari dulu minuman tersebut usai makan nasi dan lauk pauknya. Anda mungkin heran dengan saran ini, sebab kebiasaan tersebut sudah jadi hal lumrah di tanah air. Namun ada alasan kesehatan yang melatar belakangi saran tersebut lho.

“Kandungan fitat (phytate) yang terdapat dalam teh mengganggu penyerapan mineral seperti kalsium dan zat besi. Jadi, tidak dianjurkan minum teh usai makan,”.

Jika Anda minum es teh atau teh hangat setelah makan atau pada saat makan, maka sebagian besar kandungan nutrisi tersebut tidak akan terserap dengan baik oleh tubuh. Akibatnya, tubuh bisa mengalami kekurangan nutrisi.

Makanan yang Anda konsumsi jadi percuma, padahal tubuh sangat membutuhkan berbagai zat tersebut apalagi bagi anak dan remaja.

Misalnya saja setelah makan sayur bayam, Anda minum teh. Harapannya dengan makan bayam tubuh bisa mendapat zat besi, padahal mineral itu tidak terserap dengan baik karena zat fitat dalam teh.

Tubuh bisa kekurangan zat besi dan berakibat mengalami anemia atau kurang sel darah merah. Ini efek lain yang tentu tak diharapkan.

Bukannya tak boleh minum teh, hanya saja waktunya sebaiknya tidak setelah makan. Konsumsi teh di sore hari saat sedang tak makan berat.

Lebih baik lagi jika teh tak diberi tambahan gula berlebih yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

(Sdc/Evi)

 

 

Share.

About Author

Leave A Reply