Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Mapala Humendala Adakan Kegiatan Peduli Sungai Subayang

0

KAMPAR, BULETINAKTUAL.COM- Dalam memperingati hari lingkungan hidup sedunia, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Humendala Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau (UR) mengadakan kegiatan peduli Sungai Subayang, Desa Kuntu, Kampar Kiri, sabtu (12/05/2018).

Kepala Desa Kuntu, Herudin, mengungkapkan bahwa sangat mendukung penuh kegiatan  ini. Dan berharap  agar dapat berlanjut tiap bulannya.

“Kegiatan ini sangat pas dengan momentum desa Kuntu yang akan mengadakan pesta tahunan, yaitu acara Pokan Balimau. Yang mana, dalam kegiatan ini nantinya akan ada kegiatan sampan hias, panjat pinang dan masih banyak acara pesta rakyat lainnya,”

Kegiatan ini dibuka dengan memasang spanduk di jembatan menggunakan teknik repling.  Setelah dibuka, acara selanjutnya yaitu kampanye keliling desa bersama pemuda, dan anak-anak.

Menurut Ketua Pelaksana, Chairul Amali, kegiatan kampanye keliling desa ini, bertujuan agar masyarakat tidak membuang sampah lagi ke sungai, karena sungai adalah sumber kehidupan.

“Tujuannya, untuk menghimbau masyarakat supaya lebih sadar dan peduli terhadap kebersihan sungai dan tidak membuang sampah lagi ke sungai,” ujar Chairul.

Kabid advokasi lingkungan hidup Mapala Humendala, Fachrul Adam, mengatakan  bahwa Sungai Subayang sangatlah indah pemandangannya, masih banyak pepohonan yang tumbuh subur dan besar, dan masyarakatnya sangat  ramah.

Harapannya, lanjut Adam, kegiatan ini akan menjadi langkah besar untuk  eksplorasi Desa Kuntu. Banyak potensi wisata yang bisa dimanfaatkan, mulai dari wisata alam sampai wisata budaya.

Setelah melakukan kampanye keliling desa, anggota Mapala Humendala melakukan aksi bersih-bersih Sungai Subayang, dan sekitar jembatan Desa Kuntu dengan menggunakan piyau. (zhr)

Share.

About Author

Leave A Reply