8 Manfaat Hidup Bersama Kucing

0

PEKANBARU,BULETINAKTUAL.COM – Kawan, kerabat, tetangga, atau bahkan Anda sendiri gemar kucing? Ada nilai-nilai positif dan terapi yang mungkin belum terbayangkan. Sejak ribuan tahun, hewan piaraan ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Dahulu sempat dijadikan materi sesembahan, namun kini dimanja.

Cantik rupa, berbulu lembut, lagi pula menyokong kesehatan. Tak ubahnya semacam “obat” untuk menyembuhkan beberapa penyakit dengan cara cepat dan tanpa tagihan medis.

Dikutip dari Wonderlist, berikut adalah 8 manfaat kucing bagi kesehatan manusia. Seperti apa saja?

1. Mengobati kesepian

Memelihara kucing membuat Anda merasa tidak kesepian lagi. Kucing adalah makhluk yang sangat mencintai dan penolong. Kucing bisa menjadi sahabat dekat yang terbukti membawa manfaat bagi kesehatan.

2. Autisme

Telah ditemukan riset bahwa mengelus kucing dapat menenangkan anak-anak autis. Kucing bukan hanya menjadi teman, tapi juga membantu membuat kondisi penyandang autis lebih baik.

3. Terapi mendengkur
Suara dengkuran kucing menenangkan,  tidak hanya bagi saraf, juga bersifat menyembuhkan.  Dengkuran kucing terjadi dalam rentang frekuensi terapeutik medis – dari 25 hingga 150 Hz. Hal ini bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang. Juga mengurangi rasa sakit, pembengkakan, luka, dan memperbaiki otot serta tendon.

4. Meningkatkan imun

Ini berlaku terutama pada bayi. Keberadaan kucing di sekitar bayi yang sedang tumbuh dan berkembang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh mereka. Penelitian menemukan anak-anak yang tumbuh bersama hewan peliharaan relatif lebih sehat daripada mereka yang tidak

5. Meningkatkan mood
Menghabiskan waktu bersama kucing membantu meningkatkan suasana hati. Jika Anda sedang terpuruk, bermain dengan kucing membuat bahagia, tubuh juga terasa lebih baik dan sehat.

6. Menghilangkan stres
Salah satu dari banyaknya manfaat kesehatan hidup bersama kucing sebagai hewan peliharaan adalah membantu memperlancar kadar kortisol dalam tubuh yang terhambat. Zat kimia ini diproduksi akibat stres.

7. Manfaat terapi

Ketika berada di sekitar kucing maka hormon oksitosin akan dilepaskan dalam tubuh. Ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang cinta dan kepercayaan. Ketika Anda merasa kesal dan hidup terpuruk, berbicara dengan kucing bisa membantu membuat perasaan lebih baik

8. Menurunkan risiko penyakit jantung
Sudah menjadi rahasia umum bahwa kadar kolesterol tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti stroke atau serangan jantung. Dengan memelihara kucing,  kolesterol dalam tubuh yang berisiko jantung bakal turun. Ini adalah hasil riset dari Journal of Vascular and Interventional Neourology.

(Sc/Evi)

 

 

 

Share.

About Author

Leave A Reply