Ombak Bono, Destinasi Favorit Pecinta Surfing

0

PEKANBARU,BULETINAKTUAL.COM – Sungai Kampar selain dikenal sebagai sungai terdalam di Indonesia, ternyata sungai yang memiliki luas daerah tangkapan air 12.374 Km2 itu juga memiliki keistimewaan lain, yakni ombak Bono yang dapat menghasilkan gelombang setinggi 4-6 Meter dengan jarak tempuh 460 Km dan kecepatan 40-50 Km/jam.

Gelombang besar yang ada di sungai Kampar ini, merupakan peristiwa alam yang sangat unik jarang terjadi pada sungai-sungai lainnya. Itulah sebabnya sungai ini sering disebut dengan ombak Bono si gelombang hantu, karena ombak yang dihasilkan sangatlah besar dan panjang yang sangat memanjakan para peselancar . Maka tidak heran jika saat ini banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong datang ke teluk meranti kabupaten pelalawan, Riau.

Bagi anda yang juga mulai tertarik dengan keunikan ombak bono ini, anda akan memerlukan waktu 4 jam dari pangkalan kerinci menujuk kecamatan teluk meranti melalui jalur darat. Tapi jika anda berminat menggunakan transportasi air juga bisa, yakni dengan pergi ke pelabuhan yang terletak tidak jauh dari jembatan pangkalan kerinci, dan menggunakan speadboat dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam. Anda juga akan dikenakan biaya perjalanan sebesar Rp. 150.000 bila menggunakan jalur ini.

Sesampainya anda di tujuan, anda lansung disambut oleh pemandangan alam yang masih asri. Selain itu, juga terdapat gedung serbaguna tempat pagelaran seni budaya Riau yang dapat menambah wawasan tentang kebudayaan Indonesia Khususnya Melayu.Untuk yang ingin menginap di sana juga terdapat banyak pilihan penginapan di Pangkalan Kerinci mulai dari wisma hingga hotel. (rzy)

Share.

About Author

Leave A Reply